Va Va Voom! Vol. 3 - Closing Party

14 November 2016

Hadirnya Va Va Voom! Vol. 3 seakan menjawab rasa haus penikmat musik Surabaya dengan suguhan musik berkualitas yang saat ini geliatnya semakin banyak muncul ke permukaan. Yup! Va Va Voom! Vol. 3 sukses digelar pada Minggu, 6 November lalu, di The Consulate Surabaya. Edisi ini sekaligus menjadi Closing Party dari rangkaian Va Va Voom! “Music Liberate” di 2016. Dalam setiap edisinya, Va Va Voom! selalu mengusung tema berbeda. Jika di volume ke-2 aliran musiknya lebih cadas, kali ini line up yang ditunjuk sebagai performer lebih kental dengan nuansa musik elektronik yang bikin suasana jadi chill, diantaranya Kitseh (Surabaya), Atlesta (Malang), Kimokal (Jakarta), dan HMGNC (Bandung).

 

Va Va Voom! Vol. 3 dimulai pukul 15.00 WIB, masih dibalut dengan berbagai kegiatan, pada sore hari pengunjung bisa mengikuti kelas workshop “Synthesizoom” - Make a Basic Synthesizer in Fun Way bersama 'WaftLab' Networks dari Surabaya sebagai benang merah dari musik malam itu, yaitu membuat versi sederhana dari alat musik Synthesizer yang sangat identik dengan musik electro. Ditambah area venue dengan desain bernuansa modern tropical minimalism semakin mendukung acara ini. Selain workshop, pengunjung bisa menikmati menu spesial yang disediakan pihak The Consulate Surabaya, serta ada free handmade leather Lanyard dan Furoshiki bag yang dibagikan untuk para pengunjung dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Menjelang petang, stage Va Va Voom! Vol. 3 mulai dibuka dengan penampilan Kitseh dari Surabaya. Kitseh, alter ego dari Taufiq Hariyadi ini telah menghabiskan enam tahun terakhir di perguruan tinggi, menyelidiki hubungan antara film dan budaya musik yang berbeda. Ketertarikannya dengan house music bermula ketika di tahun-tahun awal Kitseh menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik musik renyah twee-pop sebelum mencintai Chicago / Detroit techno. Keseruan berlanjut ketika Atlesta, unit pop asal kota Malang yang digawangi Fifan Christa ini membawakan lagu bergenre musik elektronik pop dengan konsep fancy dan classy. Fifan Christa memang merupakan mastermind di balik segala konsep musik, lirik, hingga image yang dibawa Atlesta. Pria alumni DKV Universitas Malang (UM) tahun 2012 ini mengaku sudah berkali-kali manggung di event-event nasional, seperti Jakarta Local Fest dan Yogyakarta Launching Boshe VVIP Club Indonesia. Hingga Oktober 2015, Atlesta telah merilis 2 album yakni Secret Talkind dan album terbarunya Sensation.

 

Berikutnya di music stage Va Va Voom! Vol. 3, ada Kimokal, duo elektronik pendatang baru dari Jakarta yaitu Rizky Ramadhan yang lebih dikenal sebagai Kimo serta Kallula Harsyntha yang biasa dipanggil Kal. Berawal dari panggilan Kimo dan Kal yang kemudian digabungkan menjadi Kimokal, memulai karirnya sejak 2014 lalu dengan formasi Kallula sebagai penulis lirik dan vocal, serta Kimo yang mengaransemen lagu bergenre new pop dengan pengaruh psychedelic pop, dub dan nu-wave. Hampir dua tahun mereka berkarya dengan merilis beberapa single seperti Under Your Spell dan Adiamo, kini Kimokal sudah meluncurkan album pertamanya, berjudul O. Video music mereka untuk lagu Under Your Spell pun sudah meraih Best Music Video of the Year 2015 oleh majalah JUICE.

 

Sebagai penutup rangkaian Va Va Voom! Vol. 3, penikmat musik yang dating malam itu dimanjakan dengan performance dari HMGNC (baca: Homogenic). Band bergenre electric pop asal Bandung ini terbentuk pada tahun 2002 dan sudah mengalami berbagai transformasi terutama pada vokalis. Pada awalnya band ini berpersonilkan Risa (vocal), Dina Dellyana (synths/programming), dan Grahadea Kusuf (synths/programming). Kemudian setelah berhasil mengeluarkan album pertama di tahun 2004 "Epic Symphony" dan album ke-dua di tahun 2006 "Echoes Of The Universe", Risa sebagai vokalis memilih untuk ber-solo karir yang akhirnya digantikan oleh Amandia Syachridar, yang juga sering dipanggil Manda, dan mulai mengisi suara pada album ke-3 HMGNC yaitu "Let A Thousand Flowers Bloom" yang rilis di tahun 2010. Pada tahun 2012 mereka kembali menghibur para fans yang dinamakan Savior dengan mengeluarkan mini album berjudul “Let’s Talk”. Kemudian di tahun2013 lalu, menjadi titik kesuksesan HMGNC dengan memperoleh berbagai penghargaan dalam Voice Independent Music Awards (VIMA) untuk kategori Best Electro Dance Song, Best Electro Dance Act, dan Thank You For Existing Award. Dalam interviewnya bersama Merdeka FM, Manda, Dina, dan Dea juga menuturkan bahwa dalam waktu dekat HMGNC akan segera menyelesaikan album terbarunya yang masih bertemakan tentang ‘Cinta’ pada akhir 2016.

 

 

Foto : Dok. Va Va Voom! Vol. 3