Apple Jadi Raja Wearable

16 November 2017

Apple berhasil merebut singgasananya sebagai produsen perangkat 'wearable' terbesar dunia. Menurut laporan lembaga riset Canalyst, Apple berhasil mengalahkan empat vendor gadget wearable lainnya, seperti Xiaomi yang berada di posisi kedua, diikuti berurutan oleh Fitbit, Huawei, dan Samsung.

Hal ini cukup masuk akal, mengingat penjualan produk wearable Apple seperti arloji pintar Apple Watch dan earphone nirkabel Airpod meningkat sebanyak 75 persen dari tahun ke tahun, pada kuartal III-2017 ini.

Seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (16/11/2017), penjualan arloji pintar Apple Watch sendiri diprediksi meningkat lebih dari 50 persen di kuartal yang sama tahun ini.

Masih menurut Canalyst, kenaikan tersebut dipengaruhi oleh penjualan produk Apple Watch Series 3 yang dilengkapi fitur GPS dan koneksi 4G, yang diprediksi terjual hingga 3,9 juta unit.

Padahal sebelumnya, Apple Watch Series 3 dengan fitur GPS dan koneksi seluler 4G ini sempat dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak.

Apple memang gencar melakukan inovasi pada perangkat wearabledalam beberapa waktu terakhir. Pada awalnya, pembaruan dilakukan agar perangkat Apple lebih mudah dibawa dan digunakan.

Namun siapa sangka, langkah ini justru menarik pelanggan untuk membeli produk-produk wearable besutan Apple tersebut. 

Canalyst
 memprediksi penjualan gadget wearable Apple di kuartal IV-2017 bisa lebih kuat dibanding tahun lalu.

Perbaikan pada desain dan fungsionalitas, seperti pemantau kebugaran (fitness tracker) yang lebih baik, daya tahan baterai yang lebih lama, dan tentu saja fitur seluler 4G bakal berpengaruh pada permintaan konsumen akan Apple Watch. (Kompas)