Puasa Bukan Alasan untuk Bermalas-malasan

30 June 2015

Mentang-mentang lagi puasa, jadi alasan buat males-malesan. Big no! Meski puasa harus tetap bugar beraktivitas dong. Bagaimana agar kita selalu nampak segar dan bersemangat melakukan aktivitas saat puasa? Gak ada salahnya ikutan tips di bawah ini:

  1.     Jelas yang pertama dan utama adalah mengonsumsi makanan untuk sahur dan berbuka puasa yang mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kalau pas sahur gak sempet makan karena kesiangan, ya terimalah ke-lemes-an saat berpuasa.
  2.     Minum air putih dengan cukup. Bisa dengan 2 gelas air saat berbuka puasa, 1 gelas sebelum tarawih, 2 gelas saat beraktivias di malam hari, 1 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Jadi pas 8 gelas sehari.
  3.     Hindari mengawali buka puasa dengan makanan atau minuman dingin, lebih baik yang hangat saja. Contohnya kolak, teh hangat, atau bubur ketan hitam. Ini demi kebaikan perut dan asam lambung kita.
  4.     Sebaiknya tidak langsung menyantap hidangan buka puasa (makanan berat). Beri jeda minimal satu jam sebelum akhirnya makan menu utama, seperti nasi. Tapi kalau udah laper atau harus segera lanjut kerja ya gimana lagi, boleh deh makan langsung asal nggak berlebihan.
  5.     Kalau makan mending bertahap. Tidak langsung kalap, semua dihabiskan. Kan kata peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
  6.     Perbanyak makan buah dan sayur, serta makanan yang berserat biar jreng saat beraktivitas di siang hari.
  7.     Buat yang punya sakit lambung, hindari ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah yang teksturnya kasar, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai). Jenis makanan itu bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung, dan juga sulit dicerna oleh lambung yang sensitif.
  8.     Buat yang badannya tergolong besar dan berisi, ada baiknya menghindari makanan yang digoreng.
  9.     Sedangkan buat yang badannya tergolong kurus, sangat dianjurkan untuk menambah porsi susu.

 

Sumber: https://nuepoel.wordpress.com/tag/tips-agar-tetap-segar-selama-puasa/

http://www.hipwee.com/tips/puasa-lancar-tubuh-tetap-segar-ikuti-6-langkah-ini-biar-kondisi-badanmu-maksimal/

Foto : careerealism.com

Naskah : Isti Salamah/Nadia Maya