Longsor di Puncak Rusak Bangunan, Warga Mengungsi

29 March 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Pergerakan tanah di Puncak, Cipanas, Jawa Barat, mengakibatkan longsor yang merusak bangunan di lokasi, Rabu (28/3). Tidak ada korban jiwa, tapi warga setempat terpaksa mengungsi akibat kejadian tersebut.

Menurut Kepala Desa Ciloto, Tjutju Hidayat, kerugian ditaksir bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dia mengatakan curah hujan yang tinggi mengakibatkan pergerakan tanah di bagian bawah tebing Puncak Pass yang sempat longsor beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan material longsor merusak bangunan hunian milik TNI Angkatan Darat di bagian dinding dan lantai.

"Untung saat kejadian, hunian tersebut dalam keadaan kosong dan sebagian besar warga sedang beraktivitas di luar rumah, sehingga warga sempat mengungsi ke tempat aman guna menghindari hal yang tidak diinginkan," kata Tjuju saat dihubungi Antara.

Dia mengatakan sudah mengimbau warga untuk segera mengungsi jika melihat tanda-tanda pergerakan tanah terus meluas atau jika hujan deras kembali terjadi.

"Kami sudah sampaikan laporan kejadian tersebut ke BPBD Cianjur, agar segera melakukan pendataan dan pengawasan sebagai upaya antisipasi meluas pergerakan tanah yang mengancam perkampungan warga," ujarnya.

Sementara itu, Kepolisian Resor Cianjur berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Bogor untuk menutup sementara jalur Puncak-Bogor karena longsor.

Namun, kendaraan roda dua masih diperbolehkan melintas, dan hanya kendaraan roda empat serta kendaraan berat yang kembali dilarang melintas sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Soliyah mengatakan beberapa saat setelah mendapat informasi longsor di jalan yang sedang diperbaiki itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres Bogor.

"Kami mengarahkan arus lalu lintas dengan tujuan Bogor atau sebaliknya mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi. Jalur Puncak hanya bisa dilalui sepeda motor untuk mengurangi beban agar tidak kembali terjadi longsor," katanya di lokasi, dikutip Antara.

Langkah itu dilakukan untuk mencegah pergerakan tanah agar tidak meluas. Dilaporkan longsor juga menyebabkan kerusakan bangunan rumah makan, kamar dan dapur milik Hotel Puncak Pass.

"Sampai dini hari pergerakan tanah masih terjadi, meskipun skalanya kecil," kata Soliyah.