Nonton 'Yowis Ben,' Jokowi Minta Perfilman Libatkan Siswa SMK

29 March 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginginkan pertumbuhan perfilman nasional mampu membuka kesempatan pekerjaan baru bagi generasi muda Indonesia.

Keinginan itu disampaikan setelah menyaksikan film Yowis Ben di bioskop di salah satu mal di Kota Malang, Rabu (28/3) kemarin.

"Saya mendapatkan kabar pembuatan film ini kekurangan kru. Kru film kurang ini sesuatu yang bagus tapi juga harus kita isi kekurangan-kekurangan yang ada," kata Jokowi berdasarkan keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.

Berdasarkan situs Katalog Film Indonesia (KFI), jumlah penonton 2017 meningkat menjadi 42,7 juta penonton, dibandingkan dua tahun lalu sekitst 37,2 juta penonton.

Peningkatan juga terjadi pada jumlah layar bioskop. Lima tahun lalu Indonesia hanya memiliki 609 layar dari 145 gedung bioskop. Sementara itu, sejak tahun lalu, Indonesia jadi memiliki 1.412 layar dari 263 gedung bioskop.

Menilik data tersebut, Jokowi berpendapat peningkatan produksi serta penonton perfilman nasional dirasakan setidaknya bagi tenaga kerja terampil dari sekitar 120 sekolah menengah kejuruan (SMK) perfilman di Indonesia.

Di sisi lain, pemerintah juga akan mendorong hal itu melalui percepatan revitalisasi SMK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga meningkatkan kualitas belajar-mengajar.

"Baru 18 SMK direvitalisasi. Perlu perbaikan sarana prasarana, meng-update guru-guru yang ada, sehingga kekurangan kru di dalam perbuatan film betul-betul kita isi," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Usai menonton, Presiden mengungkapkan rasa senangnya karena film drama komedi yang dibintangi Bayu Skak ini 80 persen menggunakan Bahasa Jawa.

"Saya senang sekali ada sebuah film yang berbahasa daerah Jawa Timur-an. Di bawahnya tetap ada terjemahan Bahasa Indonesia sehingga semua bisa melihat dan menikmati film ini," kata Jokowi.

Saat itu, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Turut hadir pula beberapa pemeran Yowis Ben, antara lain Bayu Skak, Brandon Salim, Joshua Suherman, Tutus Thomson, Cut Meyriska dan Devina Aureel.

Yowis Ben berkisah tentang pertemanan sekawanan anak muda di Malang, Jawa Timur. Bayu (Bayu Skak) membentuk band bernama Yowis Ben bersama Doni (Joshua Suherman), Yayan (Tutus Thomson) dan Nando (Brandon Salim).