Filipina Cetak Sejarah Lolos Ke Piala Asia 2019

29 March 2018

Goal.com -- Tim nasional Filipina menorehkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia setelah memastikan tiket menuju turnamen edisi 2019 mendatang.

Kepastian melajunya pasukan The Azkals ke turnamen antarnegara Asia tersebut diraih setelah memetik kemenangan 2-1 atas Tajikistan di laga terakhir Grup F babak kualifikasi yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (27/2) malam WIB.

Filipina sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos, tapi harapan mereka sempat diredupkan saat eksekusi penalti Akhtam Nazarov pada menit ke-64 sukses mengoyak gawang Neil Etheridge.

Namun mentalitas kuat ditunjukkan tim berperingkat FIFA 122 tersebut dengan membalas dan menyamakan skor pada menit ke-74 berkat aksi gelandang kelahiran Jerman, Kevin Ingreso.

Filipina secara dramatis mengunci kemenangan saat laga hanya menyisakan beberapa detik. Kapten tim, Phil Younghusband tak melewatkan kesempatan melalui titik putih untuk mengemas gol ke-50 di pentas internasional sekaligus membuat fans tuan rumah bersorak girang.

Gelaran Piala Asia tahun depan yang berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA) akan menjadi partisipasi perdana Filipina, sejak turnamen diadakan pada tahun 1956 silam.

Selain Filipina, Asia Tenggara akan diwakili oleh Thailand dan Vietnam yang sudah terlebih dahulu memastikan tempat di Piala Asia edisi ke-17 tersebut.

Daftar lengkap 24 tim yang akan berlaga di Piala Asia 2019:

UEA Iran Turkmenistan
Qatar Suriah Yordania
Korea Selatan Irak Bahrain
Jepang Tiongkok         Vietnam
Thailand Palestina Kyrgyzstan
Arab Saudi Oman Korea Utara
Australia India Filipina
Uzbekistan Lebanon Yaman