Striker Timnas Arab Saudi ke Manchester United

30 March 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Arab Saudi terus melancarkan misinya 'mencangkok' para pemain timnas Arab Saudi di beberapa klub di Eropa. Setelah mengirimkan sejumlah pemain di klub-klub semenjana La Liga Spanyol, negara itu juga menitip salah satu striker mereka berlatih ke Manchester United.

Adalah Mohammed Al-Sahlawi yang merupakan salah satu bomber andalan skuat Elang Hijau yang dititip ke klub elite Liga Primer Inggris tersebut.

Dilansir dari Soccerway, Ketua Otoritas Olahraga (GSA) Arab Saudi, Turki Al-Sheikh, menitipkan pemain 31 tahun itu untuk berlatih selama tiga pekan di pusat latihan Man United.

Program menumpang latihan para pemain timnas Arab Saudi di sejumlah klub Eropa itu untuk memoles tim sebelum berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia. Khusus untuk striker Al Nassr dititipkan berlatih ke MU untuk mempertajam kemampuannya mencetak gol.

"Sudah ada kesepakatan dengan Manchester United untuk Mohammed Al-Sahlawi bergabung dalam program latihan selama tiga pekan. Semoga Tuhan selalu menolongnya," demikian keterangan Al-Sheikh melalui akun resmi Twitter-nya.
 
Sebelumnya di Arab Saudi sempat mengkritik pemilihan GSA yang menitipkan pemain itu ke MU. Sebab, Al-Sahlawi dinilai dalam performa yang menurun di klubnya, Al Nassr. Namun, Al-Sheikh bersikeras bahwa kebijakan itu bagian dari proyek besar pembangunan sepak bola di negara itu.

Pada awal musim ini, perwakilan GSA datang ke Manchester untuk penandatanganan program latihan di klub tersebut. Program pencangkokan itu merupakan bagian dari visi 2030 untuk membangun industri sepak bola di negara tersebut.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari program yang menarik yang tengah kami lakukan untuk memajukan olahraga di Arab Saudi," ujar Al-Sheikh di situs resmi Man United yang merupakan bagian dari kerja sama tersebut.
 
Al-Sahlawi masih menjadi bagian utama dari timnas Arab Saudi saat ini. Pemain bernomor punggung 10 tersebut sudah mengemas 26 gol dalam 33 penampilannya di skuat Elan Hijau.

Tim arahan Juan Antonio Pizzi juga sudah menggelar laga uji coba menghadapi Belgia, Selasa (27/3). Hasilnya, timnas Arab Saudi dibantai Belgia 4-0.