Jet Tempur Israel Serang Hamas di Jalur Gaza

09 April 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Israel mengerahkan jet tempur untuk menggempur "target militer" Hamas di Jalur Gaza pada Senin (9/4), sebagai tanggapan atas aksi penerobosan perbatasan seorang warga Palestina sehari sebelumnya.

Militer Israel menyatakan bahwa pengerahan itu dilakukan sebagai tanda protes kepada Hamas yang memanfaatkan warga untuk melakukan serangan.

"Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menganggap kelompok teror Hamas ingin mengubah parameter gerbang keamanan menjadi zona perang sementara berupaya menghancurkan dan infrastruktur pertahanan," bunyi pernyataan tentara, sebagaimana dikutip AFP.

Gempuran ini dilakukan setelah seorang warga Palestina dilaporkan menerobos perbatasan Gaza dan menaruh bahan peledak di Israel.

Israel menyatakan bahwa mereka akan melepaskan tembakan untuk mencegah kerusakan pagar perbatasan, penerobosan, dan upaya serangan.

Kelompok pemerhati hak asasi manusia memprotes langkah Israel ini karena tembakan itu pada faktanya lebih banyak menyasar demonstran Palestina di perbatasan yang tidak mengancam.

Demonstrasi tersebut adalah bagian dari aksi "Pawai Pulang" untuk menyeberangi pagar perbatasan demi kembali ke tanah air mereka di Palestina, yang dicaplok Israel tujuh dekade lalu.