Tulus Bernyanyi Tanpa Musik di Video 'Langit Abu-Abu'

24 April 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Tulus mencoba berkreasi dengan gaya berbeda dalam video musik terbarunya, Langit Abu-Abu. Pada video tersebut Tulus bernyanyi tanpa iringan alat musik.

Tulus bernyanyi melalui mik yang ia pasang sendiri. Suara Tulus terdengar menggema seperti sedang bernyanyi dalam ruangan yang besar dan kosong.

Dalam video berdurasi hampir lima menit itu Tulus bernyanyi dalam sebuah konstruksi bangunan. Dari awal sampai akhir, video itu berwarna monokrom dan hanya terdapat sedikit pergerakan kamera.

Video tersebut disutradarai oleh Davy Linggar. Menurut pernyataan yang diberikan Tulus, estetika visual dan eksplorasi teknik bernyanyi menjadi alasan ia dan Davy memilih konstruksi bangunan sebagai tempat pengambilan gambar.

Sampai saat ini, video yang diunggah di YouTube sejak Kamis (19/4) itu sudah diputar sebanyak lebih dari 326 ribu kali. Langit Abu-Abu versi akapela juga dapat dinikmati di layanan musik streaming.

Langit Abu-Abu merupakan salah satu lagu dalam album ketiga Tulus bertajuk Monokromyang dirilis Agustus 2016 lalu. Lagu Pamit dirilis pada Februari 2016 sebagai single pertama album tersebut.

Musisi asal Bukittinggi ini mulai menarik perhatian pencinta musik dengan suara lembut dan gaya kalemnya lewat album musik Tulus yang dirilis pada 2011.

Dua tahun kemudian, album Gajah menyusul dan menjadi satu-satunya karya musisi Indonesia yang masuk daftar Top 10 Best Selling Music Album di iTunes Asia setelah dua bulan dirilis.