Secuil Kisah 20 Tahun Glenn Fredly Berkarya

15 May 2015

Sudah menapak di bumi musik selama 20 tahun ternyata, dan jejaknya tidak hanya tampak di Indonesia saja. Glenn Fredly mengawali karir pada 1995, setahun setelah lulus SMA,  sebagai  vokalis “Funk Section”. Tiga tahun kemudian Glenn Fredly bernyanyi solo dan meluncurkan album perdana yang diberi judul “GLENN”. Tiga dari 8 lagu di album itu, sempat menjadi hits di Malaysia, antara lain "Kau", "Cukup Sudah", dan "Mobil Mama".

Setelah berjalan memenuhi keinginan major label, bersama Sony Music yang sudah menjadi roda pendorong popularitas dan penjualan, sejak album pertama hingga album kesembilannya, Glenn Fredly pada 2010 setelah launching album LOVEVOLUTION, akhirnya memutuskan untuk berdiri di atas kaki sendiri, menjawab keinginan dan hasrat berkarya secara pribadi ditandai dengan peluncuran album “LUKA, CINTA & MERDEKA”. Ada pesan dan semangat yang disisipkan Glenn Fredly dalam album ini, yaitu mengingatkan kembali ground zero musik Indonesia, memperkenalkan khususnya kepada generasi muda tentang studio rekaman pertama Indonesia yang berada di Solo, STUDIO LOKANANTA, spirit itu ditunjukkan Glenn dengan merekam live performancenya bersama The Bakuucakar.

Perjalanan musisi kelahiran 30 September 1975 ini berlanjut dengan membuat MUSIKBAGUS, platform untuk melahirkan musisi baru yang berkualitas, sebut saja Yura Yunita, Gilbert Pohan, Laya, dan Tiara, mereka adalah sederetan nama baru yang mengharu, meramaikan warna musik dan Industrinya di Indonesia.

CAHAYA DARI TIMUR, BETA MALUKU adalah debut film Glenn Fredly sebagai produser yang langsung mendapatkan penghargaan, meraih Film Terbaik 2014. Kiprahnya dalam dunia perfilman bersambung, yang terbaru, masih berkolaborasi dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko dan actor Chicco Jerikho, sebuah film berjudul Filosofi Kopi juga telah sukses masuk dalam box office Indonesia, sekarang film pujaan hati para barista itu sedang berlabuh di Cannes Film Festival 2015. Bahkan untuk menandai 20 tahun berkarya, Glenn Fredly sekali lagi akan kembali berproduksi dan berkolaborasi untuk menghadirkan film yang berjudul Surat dari Praha.

20 tahun berkaryanya seorang  Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ditandai juga dengan mengadakan tour ke 20 kota di Indonesia, petualangan memperkaya karya ini berawal pada bulan Mei hingga Oktober 2015. Dan pada Kamis 14 Mei 2015, Glenn Fredly memperkenalkan single terbarunya "Perempuanku". Single yang menjadi bagian dari album terbaru Glenn, rencananya akan diluncurkan Agustus nanti. Single ini melukiskan arti feminisme dari kacamata Glenn Fredly. Dengan nuansa pop urban, single Perempuanku menjadikan Glenn seperti mempunyai dunia baru dalam bermusik, eksplorasi menjadi begitu penting bagi musisi, semua akan dapat dirasakan, diperdengarkan, dan dipertunjukkan, dalam album baru untuk menyambut 20 tahun dia berkarya.

 

Naskah dari Press Release Pemutaran Serentak lagu Glenn Fredly "Perempuanku"

Editor: Ulin Rostiti

Foto: Nadia Maya