Hamilton Juara F1 GP Azerbaijan Secara Dramatis

03 May 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Lewis Hamilton dari tim Mercedes berhasil memenangi podium pertama Formula One (F1) seri grand prix Azerbaijan, Minggu (29/4), secara dramatis.

Hamilton berhasil menyodok ke posisi pertama pada lap ke-49 menyalip Valtteri Bottas yang sempat memimpin di posisi terdepan.

Di posisi kedua ditempati Kimi Raikkonen yang mendapat keuntungan karena Bottas yang mengalami gangguan teknis karena ban mobilnya pecah. 

Podium ketiga diraih Sergio Perez dari Force India yang sebelumnya start di posisi kedelapan.

Sementara itu, Sebastian Vettel, harus puas berada di posisi keempat setelah sempat berada di posisi kedua sebelum lap ke-48.

Pebalap asal Jerman itu melorot dari peringkat kedua ke posisi empat karena melakukan kesalahan di tikungan sehingga bisa disalip Hamilton yang sempat berada di peringkat ketiga.

Hamilton sendiri berhasil berada di posisi terdepan pada sisa tiga lap terakhir setelah Bottas mengalami pecah ban bagian belakangnya.

Balapan F1 GP Azerbaijan juga sempat diwarnai insiden antara pebalap lain.

Nasib nahas dialami Daniel Ricciardo dan Max Verstappen pada lap ke-40. Duo pebalap Red Bulls itu bertabrakan di sektor 1 Sirkuit Baku City.

Kecelakaan itu pun membuat Ricciardo dan Verstappen gagal finis karena mengalami kerusakan cukup parah pada mobilnya usai bertabrakan.

Padahal, Ricciardo sempat berada di posisi keempat sejak lap ke-35 setelah menyalip Verstappen. Namun pada lap ke-41, Verstappen menabrak rekan setimnya itu.

Masuknya Safety Car usai kecelakaan itu membuat keseruan balapan tertunda sesaat.

Drama kembali terjadi pada akhir-akhir lap dengan blunder yang dialami Vettel dan pecah ban yang dialami Bottas. Kondisi itu membuat Hamilton berjaya di posisi ketiga.