Suara Hati Dhelittya Tritan #PenyiarItuProfesi

28 March 2016

              Menjadi seorang penyiar radio bukan merupakan impianku dari kecil. Gak pernah kepikiran untuk terjun ke dunia broadcast, apalagi memilih menjadi penyiar radio. Awalnya adalah ketika mengikuti salah satu audisi iklan shampo yang ada di Mojokerto dan acara itu diselenggarakan oleh radio swasta. Dengan perantara acara itulah, akhirnya dapat tawaran kerja sbg freelancer announcer, dan saat itu saya masih SMA, menjadi pengalaman yang berharga, dan tak pernah terbayangkan sebelumnya. Adalah radio swasta yang ternama di mojokerto yang memberikan penawaran melalui telpon pada saya saat itu. Singkat cerita kurang lebih 6bulan menjadi penyiar membuat lebih berkembang dan akhirnya saya pun jatuh cinta pada dunia radio.

             Setelah lulus SMA, saya kuliah di Surabaya. Ada satu impianbegitu mulai masuk zona kampus, yaitu saya merasa harus kembali mencoba terjun ke dunia radio. Cintaku di dunia radio akhirnya membuatku memilih untuk magang di Radio Merdeka FM. Allah selalu mempunyai jalan untuk menjawab doa hambaNya. Ketulusan selama  magang di Merdeka FM, mengantarkanku kembali dapat bersiaran di radio swasta yang notabennya radio besar Surabaya, ciyeeee besar ciyeee. Dan sampai pada titik sekarang, Saya merasa penyiar radio adalah satu profesi yang bisa dibilang tidak mudah untuk dijalanin bagi semua orang. Terkesan mudah di depan publik karena hanya berbicara dan mengandalkan mulut tanpa melihat bagaimana susahnya menjadi penyiar. Bekerja dibalik layar yang tidak pernah terlihat rupanya, membuat penyiar radio harus cerdas, pintar, dan selalu berwawasan.

            Banyak hal yang kupelajari ketika menjadi seorang penyiar radio di Merdeka FM. Dibilang sudah menjadi penyiar radio handal juga sangat terbilang jauh dari ku. Ibarat kata, aku masih berjalan 10 persen dari range angka 1-100 persen. Tapi dengan ketulusan dan keinginanku yang cinta dengan dunia radio, membuatku yakin aku harus belajar dan terus belajar. Penyiar radio sebuah profesi yang harus diakui dan dibanggakan untuk orang yang merasakan. Dari situlah titik selanjutnya yang akan menentukan karir dan masa depan yang menjanjikan. Walaupun profesi ini juga banyak disepelekan, tapi untuk tiap2 orang yang meyakini penyiar radio adalah sebuah profesi yang menjajikan, sebuah keajaiban di dalamnya pasti akan terbukti dengan sendirinya..