Kenapa Mark Zuckerberg Bisa Sepopuler Bill Gates?

16 November 2017

CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, adalah salah satu nama paling terkenal saat ini di jagat teknologi. Bisa dibilang, menyamai sosok Bill Gates, sang orang terkaya dunia pendiri Microsoft.

Tidak semua juragan teknologi setenar Zuck. Sebut saja pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page. Mereka bisa dikatakan tidak seterkenal raksasa teknologi yang didirikannya itu.

Orang-orang juga mengakses video di YouTube setiap hari. Tapi kenalkah mereka dengan pendirinya, yaitu Chad Hurley dan Steve Chen?

Lantas, faktor apa saja yang membuat Zuckerberg sedemikian populer? Berikut di antaranya yang dikutip detikINET dari Forbes, berdasarkan pendapat dari Balaji Viswanathan, CEO Invento Robotics.


1. Zuckerberg memang pada dasarnya suka disorot dan menjadi terkenal. Ia sangat aktif di Facebook dan Instagram, serta senang membagikan aktivitas dan pendapatnya. Tidak semua CEO perusahaan teknologi senang seperti itu.

2. Dia bisa dibilang pendiri tunggal Facebook dan tidak ada sosok lain di Facebook yang bisa mencuri perhatian darinya. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa Zuck bukanlah satu-satunya penggagas Facebook, namun selalu nama Zuck yang identik dengan Facebook.

3. Dia tidak menjual Facebook dan tidak tergantikan sebagai CEO dalam waktu yang lama, sampai sekarang. Hal ini cukup langka di industri teknologi. 

4. Zuck sangat-sangat kaya dan dicapainya dalam usia sangat muda. Bayangkan saja, harta terkininya USD 74,1 miliar. Ia adalah orang terkaya paling muda di daftar 5 besar dunia, sehingga tentu banyak yang membicarakannya.

5. Zuck dikenal sosok yang rendah hati, berpenampilan sederhana dan tidak begitu banyak menimbulkan kontroversi. Meskipun tidak bisa dibilang demikian dengan Facebook ciptaannya yang kadang banyak masalah.

6. Sudah ada film yang dibuat tentangnya dan cukup diminati, yaitu Social Network. Sebagai perbandingan, box office Social Network mencapai USD 244 juta dan film Steve Jobs yang sudah dua kali dibuat, masing-masing hanya menghasilkan USD 35 juta. (fyk/fyk)